Selasa, 16 April 2013

SISTEM PENGGAJIAN DAN PROSES RECRUITMENT (Minggu ke- 5)

Berikut di uraikan bagan alir sistem penggajian yang merupakan sistem pembayaran atas jasa yang di serahkan oleh karyawan yang bekerja sebagai manajer, atau kepada karyawan yang gajinya dibayarkan bulanan, tidak tergantung dari jumlah jam atau hari kerja atau jumlah produk yang di hasilkan. Oleh karena itu, dalam sistem penggajian ini tidak di perlukan pencatatan waktu kerja, karena biaya tenaga kerja yang di keluarkan oleh Perusahaan tidak perlu di bebankan langsung kepada produk. Untuk lebih jelasnya,
lihat bagan alir sistem penggajian pada halaman berikutnya.



Unsur-Unsur yang Terkait Dengan Sistem Akuntansi Penggajian 

Fungsi Yang Terkait

Dalam sistem penggajian melibatkan beberapa fungsi dalam Perusahaan agar transaksi-transaksi pengggajian tidak terpusat pada satu bagian. Fungsi-fungsi yang terlibat tersebut satu dengan yang lain saling berhubungan.

Fungsi-fungsi yang terlibat dalam Sistem Penggajian antara lain (Mulyadi, 2001 : 383) :

a)      Fungsi Kepegawaian
Fungsi ini bertanggung jawab untuk mencari karyawan baru, menyeleksi calon karyawan, memutuskan penempatan karyawan baru, membuat surat keputusan tariff gaji dan upah karyawan, kenaikan pangkat dan golongan gaji, mutasi karyawan dan pemberhentian karyawan.

b)      Fungsi Pencatat Waktu Hadir
Fungsi ini bertanggung jawab atas penyelenggaraan catatan waktu hadir karyawan Perusahaan. Sistem pengendalian intern yang baik mensyaratkan fungsi pencatatan waktu hadir karyawan tidak boleh dilaksanakan oleh fungsi operasional atau fungsi pembuat daftar gaji. Fungsi ini di bawah Departemen personalia dan umum.

c)      Fungsi Pembuat Daftar Gaji dan Upah
Fungsi ini bertanggung jawab untuk membuat daftar gaji yang berisi penghasilan bruto yang menjadi hak dan berbagai potonganyang menjadi beban setiap karyawan setiap jangka waktu pembayaran gaji. Daftar gaji di serahkan kepada fungsi pembuat daftar gaji kepada fungsi akuntansi guna pembuatan bukti kas keluar yang di pakai sebagai dasar pembayaran gaji kepada karyawan.

d)     Fungsi Akuntansi
Dalam sistem akuntansi penggajian, fungsi akuntansi bertanggung jawab untuk mencatat kewajiban yang timbul dalam hubungannya dengan pembayaran gaji karyawan. Fungsi akuntansi berada ditangan bagian utang, bagian kartu biaya dan bagian jurnal.

1.      Bagian utang
Bagian ini memegang fungsi pencatat utang yang dalam sistema kuntansi penggajian dan bertanggung jawab untuk memproses pembayaran gaji seperti yang tecantum dalam daftar gaji. Bagian ini menerbitkan bukti kas keluar yang memberiotorisasi kepada fungsi pembayar gaji untuk membayarkan gaji pada karyawan seperi yang tercantum dalam daftar gaji tersebut
2.      Bagian Kartu Biaya
Bagian ini memegang fungsi akuntansi biaya yang dalam sistem akuntansi penggajian bertanggung jawab untuk mencatat distribusi biaya ke dalam kartu harga pokok produk dan kartu biaya berdasarkan rekap daftar gaji dan kartu jam kerja.
3.      Bagian Jurnal
Bagian ini memegang fungsi pencatat jurnal yang bertanggung jawab untuk mencatat biaya gaji dalam jurnal umum.

e)      Fungsi Keuangan
Fungsi ini bertanggung jawab untuk mengisi cek guna pembayaran gaji yang menguangkan cek tersebut ke bank. Uang tunai tersebut kemudian di masukkan ke dalam amplop gaji dan upah setiap karyawan, untuk selanjutnya di bagikan kepada karyawan yang berhak.

Dokumen Yang Digunakan

Dokumen yang digunakan dalam sistem akunatansi penggajianadalah (Mulyadi, 2001 : 375):

a)      Dokumen Pendukung Perubahan Gaji
Dokumen ini umumnya di keluarkan oleh fungsi kepegawaian berupa surat-surat keputusan yang bersangkutan dengan karyawan.

b)      Kartu Jam Hadir
Merupakan dokumen yang digunakan oleh oleh fungsi pencatat waktu untuk mencatat jam hadir setiap karyawan di Perusahaan.Catatan jam hadir karyawan ini dapat berupa daftar hadir biasa,dapat pula berbentuk kartu hadir yang di isi dengan mesin pencatat waktu.

c)      Kartu Jam kerja
Dokumen ini digunakan untuk mencatat waktu yang dikonsumsikan oleh tenaga kerja langsung pabrik guna mengerjakan pesanan tertentu. Dokumen ini di isi oleh mandor pabrik dan di serahkan ke fungsi pembuat daftar gaji dan upah untuk kemudian di bandingkan dengan kartu jam hadir, sebelum digunakan untuk distribusi biaya upah langsung kepada setiap jenis produk atau pesanan.

d)     Daftar Gaji Karyawan
Dokumen ini berisi jumlah gaji setiap karyawan, dikurangipotongan-potongan berupa PPh pasal 21, utang karyawan, iuranuntuk organisasi karyawan dan sebagainya.

e)      Rekap Daftar Gaji
Dokumen ini dibuat oleh fungsi pembuat daftar gaji bersamaan dengan pembuat daftar gaji yang berisi rincian besarnya gaji beserta potongan yang menjadi beban setiap karyawan.

f)       Surat Pernyataan Gaji
Dokumen ini di gunakan sebagai catatan bagi setiap karyawan mengenai rincian gaji yang di terima oleh setiap karyawan beserta potongan-potongannya.


PROSES REKRUTMEN KARYAWAN

Bagan perekruttan karyawan

Yang berwenang menerima, mengangkat, menaikkan pangkat,menetapkan gaji berkala, menjatuhkan hukuman jabatan dan memberhentikan pegawai adalah Direksi. Pengadaan pegawai dilakukakan hanya untuk mengisi formulir yang telah ditetapkan.Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh setiap pelamar adalah :

a)      Warga Negara Indonesia
b)      Berusia serendah-rendahnya 18 tahun dan setingginya 35 tahun
c)      Tidak pernah dihukum penjara/kurungan berdasarkan keputusan Pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan jabatan/tindak pidana lainnya yang ada hubungannya dengan jabatannya
d)     Tidak pernah terlibat dalam suatu gerakan yang menentang pancasila, UUD 1945, Negara, dan Pemerintah
e)      Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai suatu instansi, baik instansi pemerintah maupun swasta
f)       Mempunyai pendidikan, kecakapan/keahlian yang diperlukan
g)      Berkelakuan baik 
h)      Berbadan sehat, yang dinyatakan oleh Dokter yang ditunjuk olehPerusahaan Daerah
i)        Lulus Ujian

Setiap Pelamar harus menunjukkan surat lamaran yang ditulis dengan tulisan tangan sendiri kepada Direksi dengan disertai :

a)      Daftar riwayat hidup
b)      Salinan ijazah/surat tanda tamat belajar yang diperlukan
c)      Surat keterangan berkelakuan baik dari pejabat yang berwajib
d)     Surat keterangan kesehatan dari Dokter Pemerintah
e)      Surat pernyataan pelamar bahwa ia tidak pernah dihukum penjara/kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindakan pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan
f)       Surat pernyataan pelamar bahwa ia tidak pernah terlibat dalam gerakan yang menentang Pancasila, UUD 1945, Negara dan Pemerintah
g)      Surat pernyataan pelamar bahwa ia tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai suatu instansi baik instansi pemerintah maupun swasta
h)      Surat pernyataan pelamar bahwa ia tidak berkedudukan sebagai pegawai negeri/calon pegawai negeri
i)        Pas photo menurut ukuran dan jumlah yang telah ditentukan 
j)        Salinan sah surat keputusan/keterangan tentang pengalaman kerja bagi pelamar yang telah mempunyai pengalaman kerjak.
k)      Surat keterangan lainnya yang diperlukan

Referensi dan Sumber:
-Wikipedia
-ilmukomputer.com
-jurnal penggajian &rekrutmen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar